Profil Pengusaha Sukses di Indonesia [dari Muda sampai yang Tua]

Posted on

Pengusaha Sukses di Indonesia. Ada banyak sekali pengusaha sukses di Indonesia, dari anak muda yang berumur kurang dari 30 tahun sampai dengan orang tua yang sudah memasuki masa senja.

Namun, seperti itulah kesuksesan, bisa datang kapan saja tanpa mengenal usia.

Artikel ini akan membahas mengenai sebagian pengusaha yang telah sukses di masing-masing bidangnya, ada yang sukses menjadi pengusaha di bidang teknologi, peternakan, media dan lain sebagainya.

Tidak semua pengusaha sukses disebutkan di artikel ini, karena jika di total secara keseluruhan, akan sangat banyak jumlahnya pengusaha di Indonesia dan tidak akan muat artikel ini untuk menampungnya.

Berikut beberapa pengusaha sukses di Indonesia yang semoga bisa menambah motivasi bagi para pembaca untuk bisa mengikuti jejak kesuksesannya.

Para Pengusaha Sukses di Indonesia

Chairul Tanjung

Seorang Chairul Tanjung merupakan usahawan dengan segudang keterampilan serta usaha bisnis yang berlimpah. Siapa yang kira kalau saat sebelum jadi atasan CT Corp beliau pernah melatih keahlian berbisnis dengan menjual buku kuliah stensilan, pakaian, serta foto kopi di kampus.

pengusaha sukses di indonesia yang terkenal
by en.tempo.co

Beliau juga sempat mendirikan suatu kios perlengkapan kedokteran serta laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat, namun gulung tikar. Chairul Tanjung‘ Si Anak Singkong’ tak pernah putus asa serta lambat- laun dia bangkit untuk membuktikan kemampuan bisnisnya.

Pada tahun 2015, majalah Forbes memilih Chairul sebagai orang paling kaya no 4 di Indonesia. Kekayaannya mencapai US$ 4,3 miliar (Rp 53, 75 triliun). Jumlah itu bersumber dari beberapa bisnisnya di bidang perbankan, media serta ritel.

Trans TV serta Trans 7 dan media informasi online Detik. com serta CNN Indonesia merupakan usahanya di bidang media.

Kepiawaiannya berbisnis pula membuatnya melebarkan sayap ke bidang usaha lain, semacam Carrefour, Bank Mega serta Waralaba es krim Baskins Robbins di Indonesia.

Bob Sadino

Bambang Mustari Sadino ataupun yang lebih diketahui khalayak dengan julukan Bob Sadino adalah salah satu usahawan sukses yang mengawali bisnisnya dari bawah.

pengusaha sukses di indonesia dan biografinya
by economy.okezone.com

Pengetahuan hidupnya menginspirasi bermacam kalangan. Mulai dari anak muda, tokoh masyarakat sampai penguasa negara senior.

Pria yang identik dengan kegemarannya mengenakan celana pendek di atas dengkul ini memanglah sudah tutup usia. Tetapi, wejangan, ciptaan dan ajaran sukses berbisnis darinya sudah banyak menggugah masyarakat buat mencontohi jejak kesuksesannya.

Usahawan kelahiran Bandar Lampung ini terkenal cukup eksentrik serta santai dalam menjalankan bisnisnya.

Walaupun begitu, lewat usaha Kemfood serta Kemchick, beliau meyakinkan kalau kegigihannya merintis suatu bidang usaha akhirnya bisa mendatangkan hasil.

Serta beliau terkenal sebagai seseorang wirausaha asal Indonesia yang berhasil berbisnis di bidang pangan serta peternakan.

Sandiaga Uno

Bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno, adalah usahawan muda sukses di Indonesia. Pada umur 40 tahun, majalah Forbes menulis Sandiaga sebagai orang paling kaya urutan ke- 29 di Indonesia.

pengusaha sukses di indonesia beserta fotonya
by inclovermag.com

Beliau jua sempat berprofesi sebagai salah satu pejabat HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Penggagas Saratoga Capital ini juga jitu menginspirasi anak- anak muda untuk dapat berkreasi serta berbisnis seperti dirinya.

Saran sukses berbisnis yang terlontar darinya menyatakan kalau sebuah kekayaan serta keberhasilan tak terjadi dengan cara instan. Dan ini memanglah betul adanya. Kekayaan ataupun keberhasilan tidak bisa dicapai lewat jalan pintas.

Achmad Zaky

Achmad Zaky merupakan alumnus teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Ketertarikannya dengan dunia informatika nampak semenjak bangku SD, serta terbukti dari kemenangannya di bermacam kompetisi serta olimpiade sepanjang mengenyam pendidikan.

pengusaha sukses di indonesia achmad zaky
by suarapos.com

Sesudah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi berlabel Suitmedia.

Kemudian mengembangkan Bukalapak.com, kemudian setelah pengembangan Bukalapak rampung, Achmad Zaky mengajak para pedagang mall serta UMKM buat bergabung di Bukalapak.com.

Tidak diduga ajakan ini mendapatkan reaksi amat positif, serta membuat Bukalapak.com terkenal dalam sekejap. Bersamaan dengan perkembangan yang amat cepat, pendanaan dari penanam modal selalu berdatangan.

William Tanuwijaya

Sesudah selesai SMA, William Tanuwijaya berkelana ke ibukota buat meneruskan pendidikan dan mengambil pendidikan di Universitas Bina Nusantara, bidang Teknik Informatika.

pengusaha sukses di indonesia muda
by seasia.co

William setelah itu bekerja sambilan sebagai penjaga warnet, dimana dia setelah itu mendapatkan tambahan pemasukan serta internet gratis. Dari sinilah William pertama kali mengetahui internet lebih dalam.

Cerita suksesnya berlanjut dikala dia bertugas di beberapa industri software developer serta game developer, bahkan di industri jual beli online KafeGaul.

William mengajak salah satu temannya yaitu Leontinus Alpha Edison untuk merintis Tokopedia.com yang akhirnya rilis pada 17 Agustus 2009.

Tanpa memakan waktu lama, Tokopedia memperoleh tambahan pemodalan pada tahun pertamanya serta dinobatkan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Saat ini, Tokopedia jadi satu platform terbesar yang menyambung pedagang serta konsumen dengan cara jual beli yang terjamin, aman serta praktis.

Reza Nurhilman

Untuk yang belum mengetahui nama ini, bisa jadi Anda lebih mengenal ‘kripik setan’ Maicih. Betul, Reza Nurhilman merupakan nama anak muda yang berada di balik produk keripik singkong ekstra pedas yang terkenal itu.

artikel pengusaha sukses di indonesia
by ekonomi.kompas.com

Reza mengawali bidang usaha keripik singkong ini pada medio 2010 seorang diri dikala berumur 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Buat bisnisnya ini, dia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.

Reza membuka bisnisnya ini dengan menerapkan pemasaran simpel, yaitu lewat platform media sosial, Twitter, saat sebelum mengembangkan sayap dengan menjalankan skema keagenan yang memakai sebutan Jenderal supaya produknya dapat meraih pelanggan yang lebih luas.

Para Jenderal ini menjual produknya dengan sistem berkeliling ataupun nomaden.

Anak muda kelahiran Bandung 28 tahun yang kemudian ini mengaku kunci kesuksesannya terdapat pada sistem berpikirnya yang out of the box, yakni dengan tak membuka gerai seperti mayoritas pedagang sehingga membikin produknya istimewa.

Lewat Twitter, para jenderal memberitahu data posisi penjualan tiap harinya. Sistem penjualan yang lumayan khas ini terbukti sukses mengangkat nama Maicih di dunia maya.

Baru setengah tahun saja, omzet Maicih dapat meraih Rp7 miliyar per bulan. Nilai yang dahsyat, bukan?

Hendy Setiono

Kebab Baba Rafi dibuat semenjak tahun 2007 serta berfokus di Jakarta, dengan jumlah outlet yang awal cuma 2 saat ini sudah meningkat mencapai 1.200 outlet di seluruh dunia.

artikel kisah pengusaha sukses di indonesia
by life.idntimes.com

Hendy Setiono, laki- laki asal Surabaya itu mendapatkan inspirasi kuliner ala timur tengah ini dikala tengah bertamu ke Qatar. Ia memandang banyaknya warung kebab disitu, serta berasumsi kalau kuliner itu mempunyai kemampuan raksasa buat bertumbuh di Indonesia.

Untuk merealisasikannya, ia bekerja sama dengan Hasan Baraja buat mengembangkan usaha kuliner itu dengan modal mula sebesar Rp4.000.000 aja.

Sesudah beroperasi selama 14 tahun, saat ini Baba Rafi telah mengembangkan sayapnya sampai ke luar negeri, semacam Malaysia, Filipina, Cina, serta Sri Lanka. Hendy mengatakan kalau ia masih kepingin meluaskan usahanya ke bermacam negeri yang lain di seluruh dunia.

Kemajuan Kebab Baba Rafi tak berhenti sampai disana, terbukti dari terbentuknya perluasan bidang usaha Hendy Setiono, yakni Babarafi-online.com.

Babarafi-online.com adalah bagian dari PT Baba Rafi Indonesia yang berafiliasi dalam bidang usaha Kebab Turki Baba Rafi. Dengan ekspansi ini, saat ini muncul kans bisnis waralaba Baba Rafi yang terbuka untuk para calon pebisnis yang mau mengawali usahanya.

Dengan begitu, Hendy Setiono telah jadi salah satu pelopor waralaba asal Indonesia yang berhasil mendunia.

Nadiem Makarim

GoJek jadi salah satu transportasi pilihan kesukaan publik Indonesia. Di balik GoJek, tentu kita ketahui ada sosok Nadiem Makarim yang namanya kerap disebut karena terobosoannya dalam memajukan skema transportasi di Indonesia.

pengusaha sukses di indonesia
by redduckpost.com

Berasal dari keibaannya kepada tukang ojek yang susah menemukan penumpang, akhirnya Nadiem mempunyai ide untuk menciptakan ojek online dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Terlebih sejak dahulu, Nadiem memanglah hobi naik ojek buat berangkat dan pulang kerja. Berawal dari rutinitas itu, Nadiem pingin menghasilkan suatu layanan berplatform teknologi yang sama- sama menguntungkan tukang ojek ataupun penumpang.

Prosesnya jelas tak gampang. Mulai dari sulitnya cara rekruitmen tukang ojek, sampai mayoritas warga yang masih gagap teknologi. Apalagi di awal berdirinya, Nadiem mesti turun langsung ke pos ojek buat mengajak tukang ojek berekanan.

Belum lagi rivalitas dengan driver konvensional yang pernah menimbulkan sebagian kekacauan. Pada awal merintis GoJek, Nadiem cuma mempunyai 20 driver. Saat ini GoJek telah mempunyai ratusan ribu driver serta melebarkan sayap ke kota- kota besar di Indonesia.

Johnny Andrean

Siapa yang tak tahu dengan waralaba J.CO serta Bread Talk?

Betul, kedua bidang usaha ini ternyata dipunyai oleh pendiri Johnny Andrean Salon, yakni Johnny Andrean sendiri.

5 pengusaha sukses yang ada di indonesia
by jawapos.com

Bisnis awal Johnny Andrean ialah salon. Salon itu dibikin pertama kali pada tahun 1980- an di bagian ujung Jakarta Utara. Usaha salon dipilihnya karna bekal keahlian yang diajarkan oleh ibunya.

Sesudah Johnny Andrean Salon berhasil beroperasi, dia membuka franchise di bidang kuliner yakni BreadTalk. Perusahaan roti asal Singapore itu dipilihnya sebab rasa serta peminat yang besar, akibatnya bukan tidak mungkin BreadTalk bakal jadi primadona roti Indonesia.

Usaha itu diawali semenjak bulan Maret 2003 pada kedai pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Berlatih dari bisnis waralaba BreadTalk, Johnny Andrean merasa pingin mengembangkan bisnis sendiri di aspek kuliner. Tetapi, berbeda dengan BreadTalk yang dibeli dari perusahaan lain, J.CO Donuts Coffee betul-betul asli rintisannya.

Sesudah mengadakan berbagai penelitian serta keilmuannya di bidang membuat roti yang didapat saat sebelum membuka toko BreadTalk, Johnny Andrean akhirnya mengambil keputusan untuk membuka J. CO Donuts Coffee dengan toko pertama pada tahun 2005.

Sampai saat ini, jumlah toko J. CO Donuts Coffee di Indonesia telah meraih lebih dari 100 toko. Sementara itu, jumlah itu belum terhitung toko yang dibuka di negeri tetangga yakni Malaysia, Singapore, Cina, dan Filipina.

Bukan tak mungkin perusahaan donat yang sudah menjamah negeri tetangga itu bakal mengambil hati pelanggan di dunia.

Farah“ Farce”

Nama aslinya Farah Kemala Qurratu’ aini.“ Farce” jadi identik dengan Farah sebab itulah julukan usaha yang dia jalankan.

Usaha ini berasal dari pengalamannya membeli sepatu sneaker impor melalui perantara lokal. Ia dibikin jengkel karena sepatu pesanannya tak kunjung tiba. Dari sana ia berpendapat, mengapa tak jadi perantara saja sendiri?

Akhirnya, ia jadi agen sepatu impor, tanpa modal! Kenapa bisa tanpa modal? Ia menggunakan skema dropshipping.

Farah menawarkan dagangan tanpa membeli dahulu stoknya. Cuma bermodal gambar produk dari produsen ataupun penyuplai, ia memasang promosi sneaker. Disaat ada yang ingin beli, ia tinggal mengontak sang produsen buat mengirim begitu transaksi selesai.

Saat ini Farah telah memproduksi sneaker sendiri.

Adrianus Vito Donato Sinaga

Vito melek teknologi. Keunggulan itu dia manfaatkan dengan menyediakan pelayanan pembuatan web. Tetapi bukan usaha itu yang mengantarnya pada keberhasilan.

pengusaha sukses indonesia di bidang fashion
by brilio.net

Bidang usaha Vito yang moncer merupakan usaha buah tangan khas Medan, terutama berupa produk kaus. Di bawah usia 25, usahanya itu mulai menapaki tangga kesuksesan.

Gerai online dia dirikan dengan bekal kemampuannya. Penjualan serta pemasaran juga dicoba dengan cara online.

Vito tahu benar golongan anak muda, yang jadi sasaran pasarnya, amat gila bermain media sosial. Sebab itulah penjualan lebih besar- besaran dilancarkan melalui medsos. Tawaran potongan harga yang diumumkan melalui Facebook, Instagram, ataupun Twitter juga jadi senjata luar biasa untuk memikat pelanggan.

Hamzah Izzulhaq

Hamzah beda lagi. Kemampuan enterpreneur- nya telah nampak pada saat ia sedang kanak- kanak. Hamzah sempat memeras keringat dengan menjual gundu serta gambar umbul. Bakatnya mulai terasah kala dia mengikuti seminar bisnis disaat duduk di bangku SMA.

10 pengusaha sukses di indonesia beserta jenis usahanya
by youngster.id

Hamzah lalu mengurusi lembaga bimbingan belajar dengan skema franchise. Sebagai tambahan modal, ia berani ambil resiko menggadaikan mobil si papa. Tentunya dengan izin izin terlebih dahulu.

Sekarang, di umurnya yang masih muda, Hamzah dapat meraup omzet sampai nyaris Rp 400 juta per semester. Lumayan, bukan?

Yasa Paramita Singgih

Bisnis online! Ceruk inilah yang dimasuki Yasa, remaja yang mengawali bisnisnya dikala berumur remaja. Namun Yasa tak ujuk- ujuk jadi pebisnis online.

Semua bermula pada saat ia tengah jadi murid SMP. Bapaknya terdiagnonis mengidap penyakit jantung. Yasa mempertimbangkan gimana masa depannya nanti apabila si papa tiada.

foto pengusaha sukses di indonesia
by yukbisnis.com

Ia juga berupaya menggemukkan tabungan dengan jadi master of ceremony alias MC. Disaat mendirikan usaha online yang berkecimpung di bidang mode, Yasa berterus terang modal utamanya ialah keberanian.

Tapi nyatanya keberanian itu terbayarkan. Usahanya berhasil. Ia juga mendirikan usaha lain, semacam kafe serta warung kopi. Bisnis kafenya ambruk, tetapi hal itu tak memghambat upayanya sukses secara finansial.

Anugerah Pakerti

Pria kok buat usaha di bidang kecantikan? Itu tidak masalah, Bro. Seperti kata Bob Sadino, bisnis yang bagus ialah yang dilakukan, bukan ditanyakan.

Selama percaya bisnis itu akan sukses, ya jalani aja. Seperti Anugerah. Ia menjalankan bisnisnya selaku penyedia produk serta jasa perawatan kecantikan dengan optimisme.

dia menjalankan usaha itu bersama sebagian kawannya. Outlet skincare yang dia kelola saat ini banyak terdapat di jalanan kota besar.

Riwayatnya selaku enterpreneur disaat sekolah boleh jadi berkontribusi pada kesuksesannya saat ini. Dari jadi pedagang kaus hingga sales properti sempat dia tekuni. Saat ini dia lebih berfokus pada usaha skincare.

Para pengusaha sukses di Indonesia yang telah disebutkan di atas tentunya telah melewati berbagai hambatan dan tantangan yang tidak mudah pada awalnya.

Namun, mereka mampu menghadapinya dan merubahnya menjadi kesuksesan. Jadi, jika ingin menjadi pengusaha sukses berikutnya, jangan mudah menyerah dengan kegagalan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *